Ada sebuah kisah menarik tentang gaya hidup orang humble, yang disamapiakn oleh Christina Lie di salah satu akun media sosialnya, yang bisa menjadi renungan kita untuk menjadi lebih baik, sebagai berikut:

Sebuah Fun Fact tentang gaya hidup orang HUMBLE yang penghasilan bersihnya udah minimal 1 M sebulan.

Ilustrasi

Bersih ini artinya udah dipotong segala beban operasional usaha ya, jadi murni utk biaya rumah tangga dan anak aja. 

Gw juga persempit topiknya terbatas ke self-made billionaire (usaha sendiri untuk meraih posisi yang sekarang), jadi BUKAN yang sejak lahir memang udah silver spoon.

Dan kisaran usia 30-40 aja ya yang gw tulis. Tinggal area Jakarta Tangerang, karakter Humble. 

Karena, pengamatan ini lebih ke orang-orang yang gw kenal, entah family deket/jauh, temen deket, temen ngobrol, hingga orang yang gw pernah interview. 

Jadi bukan berarti semuanya pasti kayak yang gw tulis, karena ini yang gw liat dari circle gw aja.

——-

1. Pakaian, kalo lagi ngumpul ya kaos biasa (jarang ada motif), jeans atau celana santai. Merek minimal selevel Uniqlo, HnM, atau toko online di marketplace yang memang kualitasnya baik, jadi lebih ke arah kualitas dan nyaman yang dicari.

2. Gak ada yang pernah gw liat pake sendal swallow yang warna warni sih yah haha, tapi ya mereka sendal jepitan juga rata-rata, mungkin karena lg ngumpul, jadi pake sendal jepit polos dengan warna solid.

3. Tas kalo cewe, jika gak ada brand, beneran sama sekali gak ada merek apa apa di tasnya, 

kalaupun ada merek, biasanya gak gitu ketara logonya, tapi buat yang paham, keliatan itu tas merek apa dari signature jahitan dan patternnya. Harga kurleb minimal 10 jutaan lah (kalo asli yee  )

4. Aksesoris, jarang gw liat pake, kalo cowo palingan jam tangan, minimal smart watch.

5. Handphone, ini selalu yang minimal 10 jutaan harganya, kembali lagi kalo menurut gw bukan untuk faktor pamer, tapi lebih ke arah nyaman dan fungsional utk dukung monitoring daily businessnya. Jarang juga yang Hpnya hanya 1, kalau 2, salah satunya biasanya aipon boba  .

6. Kendaraan, minimal selevel Inova, tapi kalo cowo ada juga yang lebih hobby bawa motor. Bukan moge, lebih ke kayak motor bebek matic tapi versi yang top mahalnya   auk dah gw gak paham merek motor.

7. Kalo kondangan, kasih ampau minimal biasanya 500rb (kalo cuma sekedar kenal aja), kategori temen biasanya 1 juta, kalo temen deket minimal 2 juta. Nah beda cerita kalo beneran gak kenal, gak pernah tegur sapa, tau-tau ngundang yang kesannya kok kayak cuma biar dapet angpao, ini biasanya antara gak ngasih sama sekali sampe ngangpao 100rb-200rb.

8. Nah soal makanan nih,

Kalo dah urusan lidah, mau harga murah mahal juga disikat. 

Bisa aja paginya makan soto 15 ribuan di pinggir jalan sampe antri-antri lalu malemnya makan yang ibarat berdua aja bisa abis jutaan. 

Jadi sebetulnya bukan hal aneh ngeliat konglo makan di warteg. Kalo dia suka makanannya, urusan perut gak pilih-pilih tempat atau harga.

Meskipun gitu, hygenis tetep diperhatikan, ya standard logis sih kalo ini, gak mau juga kan beli ayam fried ciken pinggir jalan yang deket got bau, dan banyak lalatnya. 

Untuk level gofud. Makanan misal soto harga 70k itu masih standard buat mereka kalau memang ratingnya bagus, dibawah itu murah, diatas itu mahal, kalo minuman standard di 35k.

Makan standard 3 orang di Abuba misalnya, 700-800k itu standard, diatas itu mahal, langsung cek bon biasanya, kayak “mesen apa sih tadi kok mahal”. 

Dan yes masih cek harga kok kalo makan tuh wkwkwkwkw. Tapi ngecek bukan karena worry gak mampu bayar, 

Untuk contoh steak misalnya nih, lebih ke psikologis aja menganggap yang paling mahal itu paling enak, nah kalo dia cek gak worth it ah, baru diliat harga yang lebih murah setingkat dari yang mahal.. disini peranan strategi price decoy maen bener dah wkwkwkw. 

9. Beauty Care

Cewe itu ribet urusan skincare, jarang banget yang mau pake serum dibawah harga 200ribu kecuali rekomendasi temennya sendiri. 

Minimal kalo serum, mereka lebih sering mudah tergoda utk nyoba yang seenggaknya Rp 1jtan, lipstik yang 400ribuan. 

Selain perawatan, yang males ribet skincarean tiap hari, sebulan 1-2x spendingnya lebih ke klinik, entah facial, hifu, ozone, dll dll. 

Sementara kalo cowo, mau sesultan apapun, perlengkapan mandinya masih yang bisa ditemukan di mini market hehehe.

Bedanya kalo cowo, mereka itu sangat loyal dengan brand parfum yang dipake, kalo dah sukanya itu, mau sampe setaon lagi ketemu, ya tetep itu. 

Utk skincare, biasanya cowo ngikut make perlengkapan bini  

10. Nonton bioskop selalu pilih premiere atau velvet. Kecuali emang gak kebagian tempat dan ngebet buruan nonton, baru deh pilih standard.

11. Berpergian naik pesawat, kalau long haul (jarak jauh lebih dari 15 jam), minimal business, tapi ini memang karena harga bisnis dan harga ekonomi selisihnya sering kali hanya 30%

12. Ongkos gedein anak batita rata-rata di 10jt sd 15 jt/bulan. Mulai dari gaji suster 4 jt, buah dan sayuran organik, pampers, mainan, susu glutten free, preschool, kursus, dsb.

13. Biaya hidup 4-5 orang kisaran 50 sd 80 jt/bln (diluar cicilan kalo masih ada cicilan rumah, mobil, dll)

———

Untuk rata2 circle gw sendiri mulai dari yang semi sultan, sultan, sampe king sultan, big spendingnya malah di hal-hal yang jarang keliatan temen-temennya, jadi bukan yang terlihat atau yang dia bawa pas ngumpul. 

Gw note sekali lagi ya, circle gw semuanya humble, jadi gak tau deh kalo yang mungkin dari kalian yang circlenya tipe show off yak hehehe. 

Big spending yang gak keliatan temen-temennya.

  • Perawatan badan kayak Vitamin, Suplemen, pelangsing, skincare.
  • Rumah, nyaman aja pas masuk (ini kan gak keliatan yak kecuali temennya bertamu kesitu hehehe)
  • Gadget sampe pajangan di rumah, dan little things kayak kulit sofanya, wall panelnya, interiornya, dsb
  • Mobil di garasi yang hampir gak pernah dibawa kecuali kondangan  
  • Asset (properti, emas) hingga investasi.
  • The best spending yang kisaran 4 orang temen gw aja yang gw kenal, gedenya di donasi sosial. 

———

OKB biasanya show off di yang dia pake atau bawa. Untuk yang agak lebay, kalau pake branded mesti keliatan mereknya gede gede, kalo OKL pakai tas gucci, fendi, goyard lebih fokus ke patternnya, bukan tulisannya yang gede mencolok di tengah produk. 

OKL biasanya bisa bedain dengan sekali liat, yang dipake temennya itu KW atau asli, misal dia tau pilihan warna tas model ini dari keluaran merek ini tuh cuma 5 warna, lah kok temennya bisa pake warna yang dia gak pernah tau ada. 

Nah kalo dia curiga itu KW, biasanya iseng megang bahan tasnya  . 

Yang kocak itu humble bragnya, misal “wih rolex nih”, langsung di jawab “kw kok ini kw!”   

Ya begitulah intermezo sore ini,

Silahkan nambahin. 

Debat terserah deh, toh dah gw tulis ini pengamatan ke orang-orang yang gw kenal aja

0 Komentar